Followers

Update Terbaru

Inilah Doa Melunasi Utang Yang Dibaca Sebelum Tidur

Diposkan oleh On 7:02:00 PM with No comments

terbelit hutang
Punya tanggungan hutang itu rasanya sesuatu banget (ikutan-ikutan syahrintol. he..he..). Bikin hati tidak tenang. Perasaan tidak enak dan resah. Pokoknya menyiksa banget deh, apalagi jika hutang sudah jatuh tempo. Tambah ga karuan rasanya. Kebahagiaan terenggut gara-gara punya hutang. Tapi ya tergantung masing-masing orang sih. Karena ada juga orang yang tetap enjoy walaupun punya hutang segunung.

Kalau menurut saya pribadi, lebih baik menghindari hutang. Dan supaya tidak punya hutang, maka pangkaslah keinginan-keinginan yang sifatnya sekunder, seperti beli barang-barang elektronik, beli motor, beli mobil, dan lain sebagainya. Untuk apa punya mobil kalau tiap bulan harus mikirin tanggungan hutang. Punya mobil sih keren, tapi kalau dari hasil ngutang ya tidak keren lagi. Berhutanglah kalau memang benar-benar butuh hutang.

Kalau sudah terlanjur punya banyak hutang, ya sebaiknya kita berusaha untuk melunasinya tepat waktu sesuai jatuh tempo yang telah disepakati. Jangan sampai kita menggadaikan harga diri gara-gara suka molor bayar hutang. Kepercayaan dan integritas itu sangat penting. Apalagi bagi seorang muslim. Jangan sampai janji bayar hutang seminggu tapi molor berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Meskipun hutangnya ke teman atau saudara sendiri. Karena perbuatan mengingkari kesepakatan atau janji akan menciderai kepercayaan orang lain terhadap kita.

Berkaitan dengan hutang, saya telah menemukan doa khusus agar kita dimudahkan oleh Allah untuk membayar hutang. Doa khusus itu saya temukan di blog rumaysho.com. Dan doa ini dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur.

Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,
اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ
Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa maksud hutang dalam hadits tersebut adalah kewajiban pada Allah Ta’ala dan kewajiban terhadap hamba seluruhnya, intinya mencakup segala macam kewajiban.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 33).

Hadits di atas juga mengajarkan kepada kita tentang adab sebelum tidur yaitu berbaring pada sisi kanan. Semoga kita semua dimudahkan oleh Allah untuk segera melunasi kewajiban-kewajiban kita.Amiin..
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »