Followers

Update Terbaru

Harta Simpanan

Diposkan oleh On 9:02:00 PM with No comments

Harta Simpanan

Suatu hari seorang pemuda melihat kakek-kakek di sebuah gubuk kecil tempat kediamannya, pemuda itu sedang melakukan penjelajahan di tempat tersebut ditemani tiga orang pemuda lain, mereka mendatangi kakek itu .
Karena merasa penasaran dan suatu keanehan yang jarang orang ketahui.

"Wahai kake tua, tidakkah engkau mempunyai seorang anak sehingga kau hidup sebatang kara ditempat ini......tanya pemuda itu
"kake, dulu mempunyai seorang putra, tapi setelah putra kake sukses dalam karirnya, dia pun meninggalkan kake sendiri di rumah kumuh ini, karena dia menikah dengan wanita berparas cantik dan dia mengikuti kemauan wanita itu untuk membuang kake di sini .
"Malang nian nasibmu wahai kake tua ....ujar sang pemuda

Hanya balasan senyuman yang diberikan dari wajah kake yang sudah sangat keriputan..

Dengan mengeluarkan persediaan makanan dari dalam tasnya, sang pemuda itu menyerahkan pada sang kake dan mengatakan
"wahai kake, sekiranya sedikit makanan ini bisa membantu kake untuk bertahan hidup. Dan suatu saat nanti saya akan kembali untuk mengantarkan kake ke panti jompo karena disana kake akan mendapatkan pengurusan ......
"Tidak perlu nakk , kake ingin menyendiri tanpa seorangpun mengetahui apa yang kake kerjakan.....ujar sang kake

Karena waktu penjelajahan yang terbatas, sang pemuda itu cepat-cepat berpamitan untuk melanjutkan perjalanannya.
Dan dihari berikutnya, pemuda itu kembali mendatangi si kake.

"kake, tidak kah engkau ingin ikut saya ke panti jompo? ...tanya pemuda
"maafkan kake nak ..
"Apakah kake dulu tidak mempunyai harta simpanan sebagai tabungan dihari tua, wahai kake ....lanjutnya.
"Wahai anakku, harta simpanan apa yang harus kake sediakan untuk hari tua, tatkala kake masih muda dan kuat sangat gigih mencari harta untuk membesarkan putra kake, tapi ternyata semua itu tidak membuat hari tua kake bahagia itu semua hanya perhiasan dunia nak . Seandainya pemikiran para pemuda seperti ini, maka ketahuilah hanya urusan harta dunia yang terus mereka kejar. Dan sungguh tidak akan bernilai apapun.
Karena harta simpanan yang begitu besar nilainya ialah harta simpanan untuk hidup di akhirat. .....tutur sang kake penuh wibawa.

Berkaca kaca kedua mata sang pemuda, dan kake itu terus menjelaskan harta simpanan berharga yang harus dimiliki bukanlah harta dunia.
beberapa pesan sang kake yang diungkapkannya
"Banyak amalan bernilaikan melebihi mutiara dan merupakan harta simpanan berharga yang apabila kita kerjakan akan memberatkan timbangan amal kebaikan kita di akhirat sana. Di hari yang tiada berguna lagi bagi kita harta dan anak keturunan kita. Kecuali jika kita menghadap Allah SWT dengan membawa hati yang bersih dan suci ".

Bersimpuhlah sang pemuda itu mengucapkan syukur karena kata kata nasehat dari sang kake yang membuat luluh hatinya.
Bagaimana tidak, karena pemuda itu sering sibuk melakukan kegiatannya sehingga sholatpun sering ia tinggalkan.
Sedangkan penjelajahannya juga melalukan pencarian mutiara di dasar lautan .
Selama ini ia mencari mutiara di dasar lautan tapi lupa akan indahnya permata di ahirat sebagai hartanya di hari perhitungan.

======================================

Setiap manusia pasti akan terus mengejar harta dunia dikarenakan sebab menuruti nafsunya, maka ingatlah nafsu dunia harus kita lawan . Mari memperbanyak harta simpanan sebagai bekal menuju akhirat.

by:anggun
#CerpenFiksi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »