Followers

Update Terbaru

Bangun Tidur Jangan Buru-buru Bangkit Agar Terhindar dari Penyakit Ini

Diposkan oleh On 5:36:00 AM with No comments

doa bangun tidur
Kita harus selalu mensyukuri nikmat Allah Subhanahu wa Ta'ala semenjak kita bangun tidur hingga tidur kembali. Ketika bangun tidur, apa saja yang kita lakukan?

Ada adab-adab Islami yang wajib kita lakukan sesaat setelah kita membuka mata, yaitu membaca doa bangun tidur. Ketika bangun tidur jangan buru-buru bangkit dari tempat tidur. Biarkan mata anda terbuka seutuhnya dan tetap berbaringlah untuk beberapa saat sambil membaca doa bangun tidur berikut ini :

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”
[artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan]. (HR. Bukhari no. 6325)

Dalam dunia kesehatan, tidak terburu-buru bangkit dari tempat tidur bisa menghindari adanya Postural Hipotensi yaitu penurunan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba, yakni saat mengubah posisi dengan cepat dari berbaring atau duduk ke posisi berdiri.

Tapi umumnya kondisi ini terjadi pada lansia, terjadi pula pada mereka yang mengalami mekanisme fisiologis terlambat, dan pada pasien yang sedang menjalani pengobatan dengan obat antihipertensi. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis jantung,  Dr dr Muhammad Yamin, SpJP(K), FIHA, FACC, FSCAI, dalam perbincangannya dengan detikHealth.

Sungguh Islam itu indah. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali, Islam mengatur hidup kita agar kehidupan seimbang dan sempurna.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »