Followers

Update Terbaru

Kesalahan Dalam Memahami Istilah Ukhuwah dan Silaturahim

Diposkan oleh On 5:34:00 PM with No comments

persaudaraan
Istilah Ukhuwah dan Silaturahim memang sudah akrab dalam kehidupan kita. Tetapi kebanyakan dari kita masih banyak yang belum memahami perbedaan dari kedua istilah tersebut. Bahkan ada yang mengira bahwa berukhuwah itu sama dengan bersilaturahim.

Supaya kita bisa membedakan kedua istilah tersebut, mari kita bahas pengertian ukhuwah dan silaturahim sebagai berikut :

1. Ukhuwah

Kata ukhuwah berasal dari bahasa arab yang kata dasarnya adalah akh yang berarti saudara, sehingga kata ukhuwah bisa diartikan persaudaraan. Kalau disandingkan dengan kata islamiyah menjadi Ukhuwah Islamiyah, akan bermakna kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa yang menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap saudara seakidah. Ukhuwah itu sifatnya umum, dan bisa terjadi antar sesama teman atau keluarga dan kekerabatan yang dibentuk atas dasar persamaan, misalnya persamaan aqidah.

2. Silaturahim

Untuk memahami makna silaturahim, saya nukilkan perkataan Imam Ibnu Manzhur rahimahullah dalam Lis├ónul-‘Arab (XV/318). Beliau berkata : “Al-Imam Ibnul-Atsir rahimahullah berkata, ‘Silaturahmi adalah ungkapan mengenai perbuatan baik kepada karib kerabat karena hubungan senasab atau karena perkawinan, berlemah lembut kepada mereka, menyayangi mereka, memperhatikan keadaan mereka, meskipun mereka jauh dan berbuat jahat. Sedangkan memutus silaturahmi, adalah lawan dari hal itu semua’.”

Dari pengertian di atas, mudah-mudahan bisa dipahami bahwa silaturahmi hanya ditujukan pada orang-orang yang memiliki hubungan kerabat dengan kita saja, seperti kedua orang tua, kakak, adik, paman, bibi, keponakan, sepupu, dan lainnya yang memiliki hubungan kerabat dengan kita.

Sebagian besar kaum Muslimin salah dalam menggunakan kata silaturahmi. Mereka menggunakannya untuk hubungan mereka dengan rekan-rekan dan kawan-kawan mereka. Padahal silaturahmi hanyalah terbatas pada orang-orang yang memiliki hubungan kekerabatan dengan kita. Adapun kepada orang yang bukan kerabat, maka yang ada hanyalah ukhuwwah Islamiyyah (persaudaraan Islam).
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »