Apa Bedanya Rindu dengan Kangen?

perbedaan rindu dan kangen
Saya sering melihat status orang-orang di medsos yang menyelipkan kata rindu atau kangen karena berjauhan dengan orang yang mereka cintai. Ada yang mengungkapkan dengan kata rindu, tapi ada juga yang menuliskan kata kangen untuk mengekspresikan keinginan akan sebuah pertemuan.

Lalu apa sih perbedaan dua kata itu? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat definisi kedua kata itu di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Menurut KBBI, 'Kangen' itu adalah 'Rasa sekedar ingin bertemu atau berjumpa', sedangkan kata 'Rindu' mempunyai dua makna :
Pertama, sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu
Kedua, memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu.

Kedua kata itu akan semakin jelas perbedaannya ketika kita menggunakannya dalam sebuah kalimat.

Rindu : Ingin bertemu dengan sesuatu atau seseorang yang belum pernah dijumpainya. Contoh dalam kalimat, aku rindu surga, aku rindu Rasulullah. Bukan aku kangen surga, aku kangen Rasulullah karena akan jadi wagu kedengarannya. Kenapa wagu? Karena belum pernah ketemu Surga dan Rasulullah sholallahu 'laihi wa sallam.

Kangen : Ingin berjumpa dengan sesuatu atau seseorang yang sudah pernah dijumpainya. Contoh dalam kalimat, aku kangen istri dan anak-anakku.

Agar semakin lebih gamblang perbedaannya, coba perhatikan kalimat di bawah ini :
- Aku merindukan seorang ibu (Tidak pernah melihat ibunya karena ibunya meninggal sebelum dia melihat wajahnya)
- Aku kangen ibu (Pernah melihat wajah ibunya karena memang ibunya masih hidup, dan kangen karena hidup jauh dari orang tua)

- Aku merindukan masa kecil (Ingin kembali ke masa kecil karena kehidupannya yang sekarang sangan mengenaskan. Jadi ini merupakan keinginan yang tidak mungkin karena waktu tidak bisa kembali)
- Aku kangen masa kecil (Hanya mengenang masa kecil saja karena masa kecil sangat indah dan menggemaskan. He....he..)

Sudah paham kan perbedaannya? Kalau sudah paham, yuk bikin status yang tepat jika kita ingin menggunakan kedua kalimat itu. Semoga bermanfaat. [by : ilham]

0 Response to "Apa Bedanya Rindu dengan Kangen?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel