Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Ini Makanan Pertama Untuk Penghuni Surga


Teman-teman sekalian di dalam sebuah hadits terkait dengan masalah makanan ini di surga. Disebutkan oleh Imam Muslim, saya langsung baca terjemahan kerena cukup panjang. Kata Tsauban Radhiallahu Anhu ini adalah sahabat Nabi yang mulia, dan dia mantan budak Nabi shallallahu alaihi wasallam, maka dikatakan Tsauban, dia mengatakan aku pernah berdiri di sisi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam lalu datanglah seorang ulama Yahudi, dan berkata Assalamualaika wahai Muhammad, maka aku mendorongnya dengan keras hingga dia hampir saja terjungkal karenanya. 

Maka dia bertanya, mengapa kamu mendorongku? maka Tsauban menjawab, mengapa kamu tidak mengatakan Rasulullah kenapa kamu panggil namanya saja? maka Yahudi itu berkata aku hanya memanggilnya dengan nama pemberian keluarganya saja, maka Nabi shallallahu alaihi wasallam mengatakan sesungguhnya namaku adalah Muhammad. 

Artinya boleh orang mengatakan Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagaimana nama pemberian keluargaku, maka Yahudi itu lalu berkata aku datang kepadamu wahai Muhammad untuk bertanya, maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bertanya balik kepadanya, bila aku menyampaikan jawaban nanti apakah akan berguna untukmu? kau mau terima itu?, maka si Yahudi itu menjawab, aku akan mendengar dengan kedua telingaku, maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pun sambil mencungkil cungkil tanah dengan sebuah ranting berkata, baiklah silahkan bertanya sekarang, orang Yahudi bertanya, dimana manusia saat bumi diganti dengan bumi lain sebagaimana Allah jelaskan dalam Surah Ibrahim ayat 48, maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam maksudnya ini mahsyar nanti, dimana itu mahsyar? maka kata Nabi shallallahu alaihi wasallam, mereka dalam kegelapan sebelum jembatan artinya di sebuah tempat yang gelap mereka akan dihisab oleh Allah sebelum shirat melewati neraka maka orang itu bertanya. 

Siapakah orang pertama melintas nanti di jembatan itu pada hari kiamat? kata Nabi shallallahu alaihi wasallam, orang-orang fakir dari kalangan Muhajirin, lalu dia bertanya lagi apa santapan pertama mereka saat memasuki surga? kata Nabi shallallahu alaihi wasallam bagian pinggir hati ikan paus tentu kita sudah tidak bisa bayangkan atau tidak dibayangkan seperti ikan paus di dunia tapi mereka akan diberikan makanan hati ikan. 

Lalu dia berikan pertanyaan lagi, lalu apa makanan mereka setelah itu? kata Nabi shallallahu alaihi wasallam disembelihkan untuk mereka sapi jantan surga yang akan dimakan di pinggiran-pinggiran surga. Lalu dia bertanya lagi, apa minuman mereka? kata Nabi shallallahu alaihi wasallam dari mata air yang bernama Salsabila, lalu orang itu berkata, engkau benar. 

Maka dia pun berkata aku juga datang untuk bertanya kepadamu tentang sesuatu yang hanya diketahui oleh seorang nabi atau seseorang atau dua orang saja, maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bertanya, apakah bila aku menyampaikan kabar kepadamu bisa berguna, akan bermanfaat bagimu? dia menjawab aku mendengar dengan kedua telingaku. 

Aku datang bertanya kepadamu tentang anak. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, maksudnya tentang anak, kapan dia menyerupai ayahnya kapan jadi anak laki-laki, kapan dia jadi anak perempuan? kata Nabi Shallallahu alaihi wasallam bila sperma laki-laki dan sperma perempuan bila sperma laki-laki mendahului sperma perempuan, maksudnya laki-laki lebih dulu klimaks, maka anak itu akan menyerupai ayahnya dan bila sperma perempuan mendahului sperma laki-laki, maka yang lahir perempuan ikut ibunya. 

Maka Yahudi berkata sungguh engkau benar, sesungguhnya engkau benar-benar seorang Nabi kemudian dia pergi lalu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda. sungguh orang itu telah bertanya kepadaku tentang apa yang dia tanyakan dan sebenarnya aku tidak memiliki ilmu tentang nya sampai Allah memberikan jawaban kepadaku. 

Maksudnya tadi dalam riwayat lain yang menyampaikan kepadaku adalah Jibril Alaihissalam memberikan jawaban itu, aku tidak tahu tadinya dan tidak disebutkan dalam Al-Quran bahwasanya makanan Ahli Surga adalah hati ikan sapi yang disembelih, tapi dalam Taurat ada itu begitu juga tentang masalah bagaimana seseorang kalau ingin punya anak laki-laki atau anak perempuan, kalau ingin anak laki-laki maka laki-laki lebih dulu klimaks, sehingga sperma lebih dulu tertumpah, kalau ingin anak perempuan, maka perempuan yang lebih dulu klimaks, ini juga disampaikan wahyu oleh Jibril Alaihis Salam.

Sumber : Ceramah Ustadz Khalid Basalamah

Post a Comment for "Ternyata Ini Makanan Pertama Untuk Penghuni Surga"

Berlangganan via Email