Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nissa Sabyan Dituding Jadi Pelakor? Begini Ceritanya

nissa sabyan pelakor
Nissa Sabyan - Riri - Ayus © instagram.com/nissa_sabyan/ririe_fairus

Kaget saya ketika lihat google trend muncul keyword Nissa Sabyan Pelakor. Setelah saya telusuri, sampailah pada berita yang berjudul : Beredar Kabar Nissa Sabyan Dituding Jadi Pelakor, Disebut Jadi Selingkuhan Keyboardis Band Sendiri, di website kapanlagi.com

Website tersebut mengutip informasi dari salah satu akun instagram yang selama ini fokus ngurusi gosip yaitu @mak_nyiyir. Kata mak Nyinyir, ada penyanyi religi yang diisukan jadi Pelakor. Pelakor itu apa sih? Halah pura-pura ga tau. Cari di google sana.... kwkwkwk

Pelakor itu akronim dari 'Perebut lelaki orang'. Kalau ada wanita disebut Pelakor, itu artinya wanita tersebut menjadi pemicu keributan karena merebut suami orang.

Kata mak Nyinyir, Nissa Sabyan punya hubungan spesial (selingkuh) dengan keyboardis bandnya sendiri yang bernama Ayus Sabyan. Awal mula kemunculan rumor ini karena ada pesan DM (Direct Message) dari orang yang mengaku sebagai saudara sepupu istri Ayus. 

Berdasarkan SS di atas, ada yang ngaku saudara sepupu Ririe Fairus menginfokan bahwa Ayus Sabyan telah mengkhianati istrinya selama bertahun-tahun. Dan orang yang dituding jadi pelakornya adalah Nissa Sabyan.

"Jadi Ayus Sabyan itu yang punya band Sabyan, dan selingkuh sama vocal-nya, Nissa Sabyan. Udah bertahun-tahun kak istrinya tutup rapat aib suaminya, tapi mereka berdua kekeuh nggak mau pisah. Istrinya akhirnya gugat cerai, udah aku jadiin konten TikTok juga. Aku sepupu istrinya," begitu bunyi tudingan tersebut.

Yang saya heran itu kenapa akun @mak_nyiyir begitu percaya diri mengabarkan bahwa Nissa Sabyan Pelakor ya? Padahal buktinya menurut saya kurang atau belum kuat. Hanya mengandalkan info dari DM yang kebenarannya diragukan. Info baru satu pihak.

Biasanya info semacam itu meski belum dikonfirmasi kebenaranya, akan langsung meruntuhkan nama baik seseorang. Terbukti dari komentar-komentar yang bermunculan di akun instagram Nissa Sabyan berikut ini :

Akun Nissa udah diserbu tudingan sebagai Pelakor meskipun informasinya belum tentu benar. 

Yang menjadi fokus perhatian saya dalam masalah ini adalah kebenaran informasinya. Saya tak ada urusan soal Nissa Sabyan itu bener pelakor atau bukan.

Karena tuduhan tanpa bukti yang kuat itu sangat berbahaya. Dan kebanyakan orang memang begitu mudah melontarkan tuduhan selingkuh, padahal belum memiliki bukti kuat mengenai suatu perselingkuhan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala sampai memberi peringatan keras pada orang-orang yang begitu gampang menuduh orang lain berzina. Peringatan itu ada dalam Alquran Surat An Nuur ayat 4, sebagai berikut:

وَٱلَّذِينَ يَرْمُونَ ٱلْمُحْصَنَٰتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا۟ بِأَرْبَعَةِ شُهَدَآءَ فَٱجْلِدُوهُمْ ثَمَٰنِينَ جَلْدَةً وَلَا تَقْبَلُوا۟ لَهُمْ شَهَٰدَةً أَبَدًا ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ 

Arab-Latin: Wallażīna yarmụnal-muḥṣanāti ṡumma lam ya`tụ bi`arba'ati syuhadā`a fajlidụhum ṡamānīna jaldataw wa lā taqbalụ lahum syahādatan abadā, wa ulā`ika humul-fāsiqụn 

Terjemah Arti: Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.

Ayat tersebut berisi ancaman hukuman buat orang yang melakukamn qadzaf (menuduh berzina). Dan orang yang melakukan itu terancam dengan hukuman cambuk sebanyak 80 kali.

Bahkan seandainya ada tiga orang menyatakan seseorang berselingkuh, sementara ada satu orang menyatakan tidak, maka ketiga orang tersebut dikenai hukuman atas tuduhan seperti ayat di atas.

Qadzaf tergolong ke dalam dosa besar. Ini didasarkan pada hadis riwayat Bukhari, dari Abu Hurairah RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

Jauhilah tujuh dosa besar yang membinasakan.” Para Sahabat bertanya, “Apa itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “ Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang benar, memakan harta riba, memakan harta anak yatim, lari dari medan perang, dan menuduh berzina wanita mukminah yang tidak tahu-menahu serta terjaga kehormatannya.

Sementara penetapan hukuman bagi pelaku qadzaf didasarkan pada hadits riwayat An Nasa'i, dari Anas bin Malik Rodliyallahu'anhu.

Awal mula li’an (saling melaknat karena tuduhan zina) dalam Islam terjadi pada kasus Syarik bin Sahma’ dituduh oleh Hilal bin Umayyah telah selingkuh dengan istrinya. Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Wahai Hilal, bawakan empat orang saksi. Jika tidak, maka engkau akan dikenai hukuman hadd (dera) di punggungmu.

Kesimpulannya, jangan mudah menuduh orang lain melakukan zina atau perselingkuhan. Jangan gampang menuduh pelakor sebelum punya bukti yang kuat. Dalam Islam, orang yang melakukan qadzaf berat ancamannya. Begitu juga buat orang yang mendapatkan kabar perselingkuhan, jangan mudah percaya dan langsung menghujat. Sangat disayangkan netizen sekarang ini gampang sekali membully seseorang bermodalkan informasi yang belum jelas.

Seandainya kabar tentang Nissa Sabyan pelakor itu benar, bukan pula menjadi alasan kebebasan dalam membully atau menjatuhkan martabat seorang Nissa. Yang terkait dengan masalah ini segera saja tabayyun dan diselesaikan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Post a Comment for "Nissa Sabyan Dituding Jadi Pelakor? Begini Ceritanya"

Berlangganan via Email