Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Dahsyat Meraih Posisi Puncak Pencarian Youtube

 


Selain berusaha nongol di search engine, saat ini youtube juga tak kalah diminati oleh netijen. Bahkan, dengan membanjirnya marketplace di search engine yang menguasai semua keyword produk, maka para pemilik produk akhirnya hijrah ke Youtube yang memang lebih susah dibuat otomatisnya sebab harus membuat dan upload videonya satu per satu.

Marketplace tentu butuh biaya yang lebih besar kalau serakah mau menguasai youtube juga. Di youtube saat ini yang merajai masih media TV ya karena mereka emang kerjaannya bikin video. Ya toh?

Nah, kita yang dana terbatas dengan resource terbatas ini harus benar-benar mengoptimalkan video yang kita upload agar bisa nongol di pencarian youtube atau ya minimal ikut nongol di rekomendasi youtube lah.

Karena youtube menggunakan engine-nya google dan google berbasis keyword, maka lagi-lagi penting banget meletakkan keyword kita di video yang kita upload. Dimana saja itu?

Pastikan keyword yang kamu tembak ada di bagian-bagian ini:

1️⃣ FILE VIDEO
Yah, sebelum kamu upload video ke youtube, pastikan nama file videomu sudah mengandung keyword yang kamu tembak. Misalnya nembak keyword "gamis cantik", maka beri nama filenya gamis-cantik.mp4 gitu.

Jika video yang kamu buat berasal dari kamera HP, maka rename dulu nama filenya sebelum diupload ya. Sebab biasanya nama file hasil rekaman tidak mengandung keyword.

2️⃣ FILE THUMBNAIL
Thumbnail adalah file gambar yang menjadi perwakilan videomu. Sebelum orang melihat videomu, maka thumbnail ini yang akan dilihat pertama kali. Ada ilmu tersendiri bagaimana membuat thumbnail yang bikin orang mau nonton videonya. Sebaiknya juga dipelajari di sesi tersendiri.

Nah, file thumbnail juga harus mengandung keyword yang kamu tembak. Jika keyword "gamis cantik" ya tentu nama filenya adalah gamis-cantik.jpg misalnya.

3️⃣ JUDUL VIDEO
Untuk judul ini, jangan cuma pasang keyword saja. Tapi kamu harus menyertakan kata-kata yang lain. Nah, keyword-nya harus dipasang paling depan. Contohnya keyword "gamis cantik" maka judulnya bisa "Gamis Cantik untuk Dipakai Sehari-hari"

4️⃣ DISKRIPSI VIDEO
Diskripsi ini cukup penting posisinya. Banyak youtuber yang melewatkan diskripsi ini begitu saja. Kalau kebetulan subscribernya sudah tinggi sih gak masalah ya, tapi kalau masih puluhan atau ratusan, maka diskripsi akan menjadi penentu videonya nongol di pencarian atau nggak.

Diskripsi video tentu harus mengandung keyword. Walaupun tidak harus panjang, tapi kata-kata di dalamnya usahakan berhubungan dengan produk yang dipasarkan. Ini untuk memberitahu robot youtube materi apa yang ada dalam video tersebut.

Ada satu tips dari teman, tambahkan keyword dan durasi video di akhir diskripsi. Misalnya "Gamis Cantik durasi : 01.34". Entah apa hubungannya dengan keyword, tapi saya coba sendiri emang lebih mudah sih dapat posisi hehehe...

5️⃣ HASHTAG
Ini biasanya udah sering dilakukan ya. Tapi selain keyword yang kita bidik, tambahkan juga keyword turunan lain tapi ya jangan terlalu banyak juga. 10 hashtag saja sudah cukup. Kalau ada banyak keyword yang anda bidik, maka videonya juga harus banyak. Jangan ngarep satu video muncul di banyak keyword. Bisa sih bisa tapi effort-nya tentu lebih berat.

6️⃣ CARD
Ini yang jarang dilakukan. Yaitu pasang card di video. Card yang mengandung keyword setidaknya harus dipasang di 3 tempat. Di awal video, di tengah-tengah dan di akhir video. Untuk link-nya ke videomu yang lain yang masih setema atau bisa juga ke channelmu.

Maka penting banget agar channel isinya fokus di satu topik. Misal gamis ya udah isinya gamis doang, jangan dicampur sama pelembab atau baju koko.

7️⃣ BACKLINK
Nah ini yang agak sulit. Kalau jaman dulu masih banyak blog, masih banyak forum diskusi, maka kita bisa menyisipkan backlink keyword di forum-forum atau di komen blog. Kalau jaman sekarang biasanya teman-teman membuat PBN sendiri. PBN (Private Blog Network) adalah jaringan blog yang dimiliki sendiri.

Misalnya saya punya 50 domain gitu, saya install blog semua. Nah, nanti ketika saya upload video, maka saya tinggal bikin artikel di masing-masing blog dengan link mengarah ke video yang saya buat.

Untuk membangun PBN ini tentu butuh dana besar. Beli domainnya aja yang baru 150rb. Kalau 10 aja udah 1,5 juta. Belum hostingnya sebab PBN harus ada di hosting yang berbeda-beda agar mendapatkan IP yang beda-beda.

Nah, kalau kamu butuh backlink juga utk youtube-mu, maka kamu bisa bergabung bersama CBN (Cafebisnis Blog Network). Ini konsepnya bikin PBN gotong royong. Jadi masing2 member menyumbang domain dan hosting untuk diisi oleh member-member lain. Maka begitu gabung, kamu cuma setor 1 domain dan mendapatkan puluhan domain dari member lain.

GABUNG CBN SEKARANG KLIK DI SINI

Itulah beberapa trik untuk menjadi nomor 1 di hasil pencarian Youtube. Namun, ini baru teknik penempatan keyword saja ya. Ada beberapa faktor lain yang menentukan apakah video kita mampu nongol di youtube atau tidak.



1 comment for "Cara Dahsyat Meraih Posisi Puncak Pencarian Youtube"